Advertise 728x90

SYAIKH IHSAN JAMPES dan DISTORSI SIROJUT THALIBIN

Written By Unknown on Wednesday, November 1, 2017 | 9:56 PM



Dulu, saat saya masih kluyuran di negeri antah berantah, saya melihat sebuah kitab dengan judul "Sirojut Thalibin fi Syarhi Minhaji-l-‘Abidin" duduk manis dan gagah di sebuah rak kitab kantor PCINU Lebanon. Kitab “Sirajut Thalibin” sudah tidak asing lagi di telinga kaum Muslim di Nusantara ini, sebab disamping kemasyhuran “matn” dari kitab tersebut, yang tak lain merupakan karya Hujjatu-l-Islam Abu Hamid al-Ghazali, tetapi juga karena penulis Syarah kitab tersebut adalah seorang Ulama kenamaan yang bernama Syaikh KH. Ihsan bin Muhammad Dahlan al-Jampesi al-Kadiri. Jawa Timur.
Namun, yang unik dari cetakan kitab dengan sampul Luks dan kertas putih mengkilat tersebut, saya menemukan satu bukti nyata bahwa tidak sedikit dari percetakan itu yang tujuan utama dari mereka mencetak kitab tak lain adalah bisnis, tanpa mempertimbangkan sama sekali amanah ilmiah yang sudah mengakar kuat dikalangan akademisi Islam. Yakni, adanya distorsi dalam kitab-kitab tersebut. Dan lebih irons lagi, distorsi terhadap kitab Syaikh Ihsan ini sudah amat sangat nampak di permulaan, yakni pada sampul depan kitab. Pada sampul kitab “Sirajut Thalibin” yang ada pada waktu itu, yang tertulis bukanlah nama Syaikh Ihsan, akan tetapi malah nama Sayyid Ahmad Zaini Dahlan. Seingat saya tertulis begini:
العلامة السيد أحمد زيني دحلان
Melihat kondisi yang sedemikian itu, saya tergerak untuk meneliti dan menelisik lebih dalam lagi. Saya ambil kitab tersebut, saya bolak balik dan akhirnya saya temukan bahwa memang benar itu karya Syaikh Ihsan Jampes. Saya sampaikan kepada ketua PCINU pada waktu itu, dan beliau juga kaget lalu berkata kepada saya:
"Mas, ada buktinya kalau ini karya Syaikh Ihsan?"
"Ada pak, coba kita lihat bagian akhir dari kitab “Sirajut Thalibin”, ini. Di sana tertulis:
وذلك في منزلي في محلة جمفس ببلد كديري من بلاد جاوة حرسها الله تعالى وسائر بلاد المسلمين
"Olehku selesai mengkaji dan menulis kitab ini saat aku di rumahku, di daerah Jampes, daerah Kediri, Jawa. Semoga Allah menjaganya dan negeri islam lainnya"
Nalarnya, kalau kitab yang ada dihadapan kita adalah ini karya Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, mestinya rumahnya bukan di Jampes, tapi di Makkah al-Mukarramah. Sebab Sayyid Ahmad Zaini Dahlan adalah seseorang Ulama yang menjadi Mufti Syafiiyah di tanah Suci dan mukim di Makkah. Akhirnya bapak ketua PCINU itu percaya dan mungkin sudah melaporkan dan meminta pertanggung jawaban dari pihak percetakan.
Nah berikut ini adalah karya Syaikh Ihsan yang lain, silahkan kalau ada yang minat silahkan hubungi no wa: 085-799-713-944



Share Artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Sisipkan Komentar Anda Disini
Breaking News close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?
Powered by Blogger.
 
Copyright © 2014. Anjangsana Suci Santri - All Rights Reserved | Template - Maskolis | Modifikasi by - Leony Li
Proudly powered by Blogger