Advertise 728x90

SEJENAK BERSAMA Al-QUR'AN

Written By Unknown on Saturday, November 11, 2017 | 3:29 PM



Seperti biasa, malam ini pun aku tidak bisa begitu saja langsung terbang bersama mimpi-mimpi indah dalam pelukan malam. Bingung mau apa lagi setelah kegiatan seharian, akhirnya lamunan menjadi teman yang asyik dikala sendirian. Lamunanku kali ini berkenaan dengan potongan kalimat dari ayat ke-2 surat al-Baqoroh. Tepatnya pada susunan:
لا ريب فيه
Yang secara sederhana kita artikan "tidak ada keraguan sama sekali dalam kebenaran al-Qur'an". Bagi saya pribadi, susunan kata ini indah sekali. Kok bisa? Iya, sebab melalui 3 susunan kata ini, Allah tidak hanya menunjukkan isi dan kandungan al-Qur'an saja, tapi juga memberikan isyarat bagaimana sebagian orang berinteraksi dengan al Qur'an.
Maksudnya? Coba saja perhatikan, redaksi yang ada (لا ريب فيه) "tidak ada keraguan dalam al Qur'an", bukan (لا ريب فيهم) yang artinya "tidak ada keraguan dalam diri mereka (terhadap al Qur'an)". Jadi, melalui potongan ayat tersebut, Allah memberikan informasi bahwasanya:
1.   al-Qur'an memang benar, tapi tidak serta merta al Qur'an bisa menghilangkan keraguan dalam diri para pembacanya akan kebenaran isi kandungannya.
2.   Al-Qur'an hanya menunjukkan jalan dan tatacara bagaimana seseorang bisa menghilangkan keraguan itu sendiri. Salah satu contoh cara tersebut adalah dengan al Qur'an menantang manusia untuk membuat tandingan al Qur'an kalau memang bisa.
وإن كنتم في ريب مما نزلنا على عبدنا فأتوا بسورة من مثله.
jikalau kalian semua masih dalam keraguan atas apa yang kami turunkan pada hamba kami, maka datangkanlah satu surat saja semisalnya
Menantang untuk berdebat dan adu argument (mujadalah) merupakan salah satu cara yang di ajarkan Islam saat seseorang sudah tidak mempan lagi dengan cara-cara lainnya. 



Share Artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Sisipkan Komentar Anda Disini
Breaking News close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?
Powered by Blogger.
 
Copyright © 2014. Anjangsana Suci Santri - All Rights Reserved | Template - Maskolis | Modifikasi by - Leony Li
Proudly powered by Blogger